Provinsi: Jawa Tengah

Di provinsi Jawa Tengah terdapat 35 kabupaten/kota, 573 kecamatan serta 8559 kelurahan/desa. Dari 8559 kelurahan/desa terdapat 1052 buah kode pos.
Kode provinsi Jawa Tengah: 33.

Tentang Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan salah satu wilayah yang berada di bagian tengah pulau Jawa. Provinsi ini didirikan tepat sehari setelah kemerdekaan, tepatnya pada 18 Agustus 1945. Pendirian ini bersamaan dengan 7 provinsi lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Provinsi ini memiliki ibukota di Semarang. Saat ini, Jawa Tengah dipimpin oleh seorang Gubernur bernama Ganjar Pranowo dan Taj Yasin sebagai wakil gubernur. Jawa Tengah terbagi menjadi 35 Kabupaten/Kota. Lebih tepatnya 6 kota dan 29 kabupaten.

Geografis

Provinsi yang satu ini memiliki perbatasan dengan Jawa Barat di sisi sebelah barat. Di sisi selatan, Jawa Tengah berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sisi timur, Jawa Tengah berbagi perbatasan dengan Jawa Timur.

Sedangkan di sisi utara, wilayah Jawa Tengah dibatasi oleh Laut Jawa. Secara keseluruhan, provinsi Jawa Tengah tak hanya berada di daratan Pulau Jawa. Kepulauan Karimun Jawa dan Pulau Nusa Kambangan juga masuk dalam wilayah administratif Jawa Tengah.

Provinsi yang terkenal dengan Candi Borobudurnya ini memiliki luas wilayah 32.800 kilometer persegi. Ini setara dengan 28,94% dari keseluruhan luas wilayah Pulau Jawa. Jumlah penduduk Jawa Tengah per 2021 adalah 36.516.035 jiwa. Sehingga kepadatannya adalah 1.113 jiwa per km persegi.

Iklim di Jawa Tengah adalah tropis, tak berbeda dengan iklim Indonesia secara umum. Suhu rata-rata di wilayah ini berkisar antara 21 hingga 32 derajat Celsius. Curah hujan tahunan rata-rata di sini yaitu 2.000 meter.

Sejarah

Berbicara soal sejarah Jawa Tengah, ini tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masa kolonial Belanda. Sebelum dibentuk secara resmi pada 18 Agustus 1945, Jawa Tengah sudah dibentuk ketika Belanda menduduki wilayah tersebut. Lebih tepatnya pada 1905.

Kala itu, Jawa Tengah dibagi ke dalam 5 gewesten atau wilayah, yaitu:

  • Kedu
  • Pekalongan
  • Banyumas
  • Pati
  • Semarang

Pembagian wilayah ini kemudian disebut sebagai keresidenan dan diberi otonomi sendiri. Keresidenan Surakarta baru dibentuk pada 1945 dari eks wilayah Mangkunegaran dan Kasunanan. Undang-Undang tahun 1950 menetapkan Jawa Tengah sebagai provinsi.

Lihat selengkapnya
Peta lokasi provinsi Jawa Tengah.

Kabupaten/Kota yang berada di provinsi Jawa Tengah

Di bawah ini adalah daftar kabupaten dan kota yang ada di bawah provinsi Jawa Tengah.