Provinsi: Jawa Timur

Di provinsi Jawa Timur terdapat 38 kabupaten/kota, 666 kecamatan serta 8501 kelurahan/desa. Dari 8501 kelurahan/desa terdapat 1116 buah kode pos.
Kode provinsi Jawa Timur: 35.

Tentang Jawa Timur

Jawa Timur atau biasa disebut Jatim memiliki wilayah meliputi pulau Jawa bagian timur dan pulau Madura. Ibu kota dari provinsi ini adalah Surabaya yang letaknya ada di sisi timur laut, dekat dengan Madura.

Sesuai dengan data sensus penduduk terbaru yang dilakukan pada 2020 lalu, Jawa Timur memiliki penduduk sebanyak 40.665.696 jiwa dengan Surabaya sebagai kota terpadat. Jumlah ini merupakan nomor 2 terbanyak di Indonesia setelah Jawa Barat.

Geografis

Di antara 6 provinsi yang terletak di pulau Jawa, Jatim menduduki posisi teratas sebagai provinsi dengan wilayah paling luas. Luas wilayahnya mencapai 47.803,49 kilometer persegi. Wilayah tersebut terbagi ke dalam 29 kabupaten serta 9 kota.

Selain mencakup wilayah pulau Jawa dan Madura, ternyata ada beberapa pulau kecil lain yang masuk wilayah administratif Jawa Timur. Pulau yang dimaksud antara lain Kepulauan Nusa Barung, Pulau Sempu, Kepulauan Masalembu, Kepulauan Kangean, Pulau Kangean, dan Pulau Bawean.

Wilayah provinsi Jawa Timur berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sisi selatan. Kemudian di sisi utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Di sisi timur terdapat perbatasan dengan Selat Bali. Sedangkan di sisi barat berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.

Jawa Timur memiliki iklim tropis seperti wilayah Indonesia pada umumnya. Suhu rata-rata setiap harinya berkisar antara 21 hingga 34 derajat Celsius. Sedangkan curah hujannya mencapai 1.900 mm per tahun dengan hari hujan sebanyak 100 hari per tahun.

Ekonomi

Berbicara mengenai perekonomian, Jawa Timur merupakan wilayah yang sangat berpengaruh bagi Indonesia bagian tengah dan timur. Bahkan bisa dikatakan bahwa provinsi ini yang menjadi pusat industri dan ekonominya.

Ini dibuktikan dengan kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto Nasional sebesar 15%. Wilayah Jawa Timur memiliki banyak industri besar, khususnya di bidang transportasi. Sebut saja galangan kapal PT PAL di Surabaya, pabrik pembuatan kereta api PT INKA Madiun, hingga PT Pindad di Malang.

Secara keseluruhan, Jawa Timur memiliki 12 kawasan industri. Kawasan tersebut tersebar di Surabaya, Pasuruan, Madiun, Mojokerto, Sidoarjo, dan Lamongan.

Lihat selengkapnya
Peta lokasi provinsi Jawa Timur.

Kabupaten/Kota yang berada di provinsi Jawa Timur

Di bawah ini adalah daftar kabupaten dan kota yang ada di bawah provinsi Jawa Timur.